What do you want?

Senin, 30 September 2013

Perhatikan, Rani!



Beranjak dewasa kakakku Rani tercinta
Sudah saatnya belajar berpijar
Tinggalkan Jakarta demi masa depan cipta
Sudah waktunya kau mulai terjaga…
             
         Adalah bait pertama sebuah lagu penggugah semangat untuk saya yang berjudul “Perhatikan, Rani!” yang dinyanyikan Sheila on 7. Lagu yang so awesome menurut saya, kenapa? Karena lagu ini “saya banget”, lagu ini mampu membawa saya bernostalgia dengan zaman-zaman SMA, tepatnya sewaktu kelas 3 SMA ketika orang tua saya telah mengizinkan saya untuk melanjutkan pendidikan ke luar kota. Seandainya nama orang pada baris pertama itu bukan Rani tetapi Icha *nama kecil saya dan beruntung banget yang punya nama Rani, dan kata Jakarta itu diganti kata Bengkulu *kota asal saya :p, pasti bakal makin klop sama sayanya :p.
           Saya begitu menyukai lagu-lagu yang tema atau isinya berhubungan dengan keadaan saya sewaktu saya mendengarkan lagu tersebut, sama dengan apa yang saya rasakan saat itu atau sama dengan keadaan mood saya, apakah saya sedang sedih, senang, marah, kesal, dan sebagainya. Sekalipun itu lagu lama, tidak masalah untuk saya. Yang penting lagu itu enak didengar dan beraliran pop :D.
                Mengapa saya menyukai lagu “Perhatikan, Rani!” ini? Yes… karena lagu ini sama seperti keadaan saya 2 tahun lalu hingga sekarang bahkan 2 sampai 4 tahun ke depan, keadaan dimana saya yang berstatus sebagai mahasiswi jauh. Kalau mendengar lagu ini berasa adik laki-laki saya satu-satunya itu yang menyanyikan lagu ini untuk saya.

Beranjak melentik kakakku Rani yang cantik
Jadikan masa depanmu menarik
Ingat slalu pesan kedua orang tuamu
Jalani dengan hatimu yang tulus…
Dan jangan takut, jangan layu pada semua
Cobaan yang menerpamu, jangan layu
Kami slalu bersamamu dalam derap
Dalam lelap mimpi indah…
bersamamu
               
              Pada lirik-lirik selanjutnya, bisa menjadi salah satu charger penyemangat untuk saya jika semangat saya sedang menurun, terutama semangat buat kuliah dan suntuknya menghadapi hiruk pikuk perkuliahan dan tuntutan kampus. Seringkali saya memutar lagu ini di kala pagi, tepatnya sewaktu bangun tidur karena saya sering kali berat pisah sama tempat tidur dan menghadapi sederet rutinitas kampus kalau pagi-pagi, hehe. Saya jadi ingat orang tua, ingat orang-orang yang menyayangi saya, dan sangat berharap pada saya. Dari itulah semangat saya bisa stabil kembali dan saya siap menjalani lsetiap liku-liku setiap harinya dengan ikhlas karena saya berpikir “ini adalah salah satu konsekuensi dari sebuah pilihan saya dulu, jalani!”

Padamkan sejenak warna-warni duniamu
Saat kau mulai kehilangan arah
Nyalakan sekejap warna-warni duniamu
Saat berjalanmu kembali tegap
               
Mungkin semua ini ‘kan cepat berakhir
S’moga semua ini adalah persinggahan
Sementara mimpimu…
               
          Saya sangat mengamini bait terakhir lagu ini. Semoga ini adalah salah satu proses yang saya hadapi untuk merealisasikan mimpi dan cita-cita saya. Iya, asalkan dibarengi dengan usaha, doa, dan tawakal, your dreams will be come true soon.
                The last, pokoknya lagu ini bisa membuat saya benar-benar terbawa ke dalam alunan-alunan dan lirik-lirik yang dilantunkan. Sebuah lagu yang ringan, but benar-benar berisi, bermakna, berisi motivasi, dan mengingatkan saya kepada peran orang-orang terdekat yang memperjuangkan apa-apa untuk saya.  “Ma, saya yakin saya bisa mewujudkan apa yang mama mau… saya harus mampu sekolah setinggi-tingginya sesuai permintaan mama” itu yang terbayang oleh saya di penghujung lagu ini.





3 komentar: