What do you want?

Minggu, 29 September 2013

Stratego

Farmasi :
Saya sudah semester 5, semester 1 sampai 4 saya telah menyelesaikan sekitar 60 judul laporan dari berbagai praktikum dan modul, maklum 1 praktikum saja ada 5 laporan dan selama 1 semester paling tidak ada 25 laporan plus jadwal kuliah padat merayap, plus deadline yang mengejar, plus kegiatan organisasi. Bagaimana dengan blog?
 
Kitab Farmasi dan KTM yang harus dipertanggungjawabkan sebagai mahasiswa :p

Bicara tentang bagaimana bisa menyempatkan ngeblog di tengah jadwal kuliah yang padat dan full seminggu, deadline praktikum dan laporan yang seperti air terjun, dan ditambah dengan kegiatan organisasi, kalau dulu saya punya siasatnya “isi blog saya dengan materi, tugas, makalah, dan laporan yang segunung” Saya sesuaikan juga sama deskripsi blog saya yang menjelaskan kalau blog ini berisi tentang laporan-laporan saya di farmasi selama praktikum. Jadi, bisa ngeblog sekalian menuntaskan tugas-tugas kampus. Tujuannya buat share gitu, siapa tahu para bloger ada yang butuh. Terus saya mikir juga “kalo lagi sepi laporan seperti ini, apa yang mau saya isi di blog? apa yang bisa saya persembahkan buat si blog ya?” *maklum 3 minggu pertama perkuliahan belum ngadain praktikum, lengkap juga karena saya kelompok B jadi jadwal praktikumnya agak telat :p. Dan, eh kepikiran buat mengganti deskripsi blog dengan puisi manis yang sangat saya suka, salah satu bait puisi dari Pancake dan saya berencana kalo lagi sepi laporan dan praktikum saya bakal mengisi blog saya dengan pengalaman-pengalaman, tempat-tempat yang pernah saya kunjungi, seperti kafe atau tempat makanan dan wisata lain, serta petujukan-pertunjukan yang pernah saya saksikan, jadi seperti review kelihatannya. Lumayan vakum sih dari blog, khususnya waktu libur semester kemarin, hampir 2 bulan nggak aktif ngeblog.
Beberapa dari laporan saya

Memang susah kalo punya hobi musiman seperti saya, hehe. Iya, kalo lagi suka ngeblog, maunya nulis terus, kalo lagi suka baca novel, baca novel terus, kalo lagi suka jalan-jalan *eh,jalan-jalan mah nggak ada bosennya. Tapi kalau ditanya tentang suka nulis, saya suka menulis, yup nulis di diary, catatan facebook, di blog, atau berbagai situs jejaring sosial lain untuk sekedar share atau menyuarakan pendapat-pendapat saya yan belum sempat tersampaikan, karena sejak saya sekolah, saya sudah terbiasa menulis diary. Berhubung sekarang sudah maju, lebih enak nulis di blog kan? Bisa share sekaligus komen-komenan :D.
                Lanjut, akhir-akhir ini tepatnya seminggu ini saya merasa lancar sekali menyusun kata menjadi kalimat, lalu paragraf, lalu jadi artikel atau cerita, sepertinya itu efek mood menurut saya *mood ngeblog :p. Saya juga jadi rajin duduk di depan laptop dan berburu give away tulisan, tetapi saya nggak berburu sama hadiahnya, saya hanya ingin ada tempat pelarian yang pas buat hobi saya yang sedang menggebu-gebu ini :p.
Mulai buat laporan lagi :D

            Tetapi saya sadar, minggu depan saya sudah mulai kembali ke aktivitas semula sebagai mahasiswi farmasi yang selalu identik sama bau laboratorium, praktikum, laporan, deadline, dan jadwal kuliah yang padat merayap. Dan saya harus mendapatkan siasat baru untuk bisa tetap punya waktu buat si blog dan yang lainnya.
1)  Utamakan yang utama
Salah satu jadwal praktikum saya di semester 5

          Saya sadar, orang tua saya mengirim saya jauh-jauh ke sini hanya untuk kuliah, kuliah, dan kuliah. Jadi, saya merasa sangat berdosa sekali jika menelantarkan tugas-tugas kuliah dan laporan yang segunung itu dan lebih mengutamakan yang lain. Jadi, mungkin jika laporan sudah datang menyerbu kembali tidak heran jika saya mengisi blog ini dengan laporan dan tugas-tugas saya. Hmm… tapi saya juga akan berusaha share pengalaman-pengalaman, dan tempat-tempat menarik yang pernah saya kunjungi, serta pertunjukkan.
2)  Give Away yang membangun
Salah satu GA dari kak Ika adalah GA yang membangun menurut saya :)

Tetap berburu give away. “Berekspresi lewat tlisan” salah satu sisi positif give away, terutama buat give away tulisan. Dengan tema yang telah ditentukan kita bisa membiarkan pikiran dan imajinasi kita berlayar mengembangkan tema tersebut dan membiarkan jari-jari kita tetap menari kompak dengan keyboard. *Hello, sebuah artikel baru pun datang :D
3)  Manajemen waktu
Buat schedule

Jangan mentang-mentang kita sedang nyaman sekali dipangkuan blog kita bisa seenaknya saja mau nulis, mau ngeblog tanpa peduli dengan waktu yang telah kita habiskan. Ngeblog memang bermanfaat tetapi hal-hal lain yang positif juga tidak kalah bermanfaat kok. Jadikan blog itu tempat kita sharing, mengikuti ajang-ajang positif, menampilkan hal-hal yang baru, dan teman baik yang bisa diajak bermain ketika kita suntuk. Atur waktu kita, bisa jadi 1 hari sekali buka blog, buat ngepost atau ngelihat notifikasi, atau dua hari sekali, yang terpenting jangan sampai waktu kita terporsir hanya untuk 1 hal saja. Kalau saya di saat nunggu jam kuliah dan kebetulan males tanggung pulang ke rumah menurut saya adalah saat paling tepat buat menyempatkan diri untuk di blog
4)  Mood itu perlu

              Kebetulan saya tipe orang yang tidak jarang menggunakan mood untuk melakukan sesuatu, kalau lagi super bad mood saya mending tidur di kamar dan nggak mau ngapai-ngapain hehe. Tapi mood tidak berlaku untuk kuliah. Mood jelek, mood bagus kalo soal kuliah kudu dijabanin. Tapi kalau urusan nulis yang bisa dibilang hobi atau sambilan saja, saya seketika buntu dan berasa kata-kata lenyap seketika jika mendadak mood memburuk. Saya kalau menulis juga nggak terlalu cocok dengan metode menerapkan  rancangan konsep tulisan tersebut sebelum menulis. Saya lebih sering mendapatkan ide-ide itu ketika saya langsung dihadapkan dengan laptop dan langsung meluncur ke software Ms. Word ditambah lagi dengan mood yang bagus *lancar mengalir.
5)  Kapan dan dimana
 
Meja belajar adalah salah satu tempat menulis saya *kalo lagi mood di meja belajar :p
Saya tidak menentukan kapan saya menulis sekaligus ngeblog dan dimana saya bisa menulis. Kembali seperti di nomor 4, semua tergantung keadaan mood :D. saya juga tidak bisa menetapkan “saya bisa menulis jika sore hari di halaman rumah bagian samping setiap hari”, kalimat itu menurut saya not fair karena saya juga nggak suka sesuatu yang monoton. Kembali lagi dengan “MOOD”. “Saya lagi mood nulis di kamar, di atas tempat tidur, di meja belajar, di ruang tv, di halaman sebelah rumah, dan lain-lain”, soal kapannya, “saya lagi pengen nulis nih, kebetulan laporan saya sudah kelar semua :D” yes… begitulah gambarannya.
That’s my strategooo untuk kuliah dan keaktifan blog saya, hehe, dan mulai berlaku minggu depan dan seterusnya.
Plan your work for today and everyday, and work your plan
-Margaret Thatcher

1 komentar:

  1. Tugasnya ajegile. Banyak bener. Suka banget sama kalimat terakhir dari Margaret Thatcher. Makasih partisipasinya ya ^^

    BalasHapus