What do you want?

Rabu, 19 Maret 2014

Ketep Pass


"Yang paling menakjubkan adalah bisa melihat pemandangan 2 puncak gunung sekaligus pada satu sisi yang sama…”
          
          Tujuan utama saya dan sahabat saya pergi ke daerah Selo, Boyolali adalah mengunjungi obyek wisata yang satu ini “KETEP PASS”. Tempat dimana kita bisa melihat 2 puncak gunung double M sekaligus “Merbabu dan Merapi”.
Gunung Merbabu terlihat dari Ketep Pass


Gunung Merapi terlihat dari Ketep Pass

          Di Jawa Tengah banyak menyebar pegunungan yang sangat indah dan menakjubkan untuk disaksikan langsung, bisa dengan melihatnya dari kejauhan atau endaki hingga puncaknya. Kalau di dataran tinggi Dieng, kita bisa melihat kemegahan pegunungan dari dekat. Namun untuk menikmati Gunung kembar Sindoro dan Sumbing, kita menyaksikan dari kejauhan pun tampak bagus. Nah, di sekitar Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang terdapat tempat yang menarik untuk melihat eksotisme alam. Orang banyak menyebutnya dengan Ketep Pass yang merupakan Gardu Pandang untuk melihat Gunung Merapi dan Merbabu nampak lebih dekat dalam satu sudut yang sama. Selain pandang, di Ketep Pass juga banyak titik-titik menarik lainnya. 

          Menurut informasi, Ketep Pass secara demografis terletak di bukit Sawangan. Sawang berasal dari bahasa Jawa yang berarti sawang atau nyawang yang berarti melihat. Bukit ini persis di perengahan antara Gunung Merbabu dan Merapi. Ketep Pass berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Sekitar 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kabupaten Boyolali, dan 32 km dari Kabupaten Salatiga. Dapat dijangkau dengan berbagai macam alat transportasi seperti kendaraan roda dua hingga bus.
          Untuk harga tiket masuk ke Ketep Pass sangat terjangkau hanya Rp 7.500,00 perorang dan ditambah biaya parkir yaitu Rp 2.000,00 untuk kendaraan roda dua. Kita bisa menikmati berbagai keindahan alam yang menakjubkan, dari hijaunya pepohonan yang menyebar hingga ujung mata sampai pegunungan berjajar dari berbagai sisi. Kita jika beruntung bisa menikmati gagahnya Gunung Merapi dan Merbabu tanpa kabut dan awan, sayangnya, ketika saya dan sahabat saya ke sini, cuacanya agak mendung sehingga terkadang puncak dari salah satu gunung tersebut ditutupi oleh awan dan ketika hari semakin sore pun kabut mulai menyelimuti tempat ini. Untuk melihat lebih leluasa kita dapat ke Gardu Pandang Ketep Pass yang terletak paling atas sendiri. Di sana juga disediakan gazebo untuk menikmati pemandangan dengan lebih santai.

           Selain menikmati eksotisme alam pegunungan, pengunjung juga bisa menikmati film tentang Merapi di Ketep Volcano Theater. Di Ketep Volcano Theater menceritakan tentang fenomena Gunung Merapi yang sangat dahsyat. Pengunjung bisa menikmati dengan membeli tiket tambahan sebesar Rp 5.000,00 dengan durasi sekitar 30 menit. Murah bukan? Dibanding dengan ilmu dan pengetahuan yang didapat ketika melihat film ini tentang fenomena alam. Bila ingin melihat film tersebut, silahkan membeli dahulu di loket tiket yang berada di sebelah selatan Ketep Pass, sambil menunggu antrian pegunjung bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan.
         Belum lelah berpetualang, kita juga bisa menikmati museum vulkanologi yang letaknya di bawah gazebo gardu Pandang Ketep Pass. Untuk memasuki museum Vulkanologi Ketep Pass, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 3.000,00 perorang. Untuk urusan kuliner, jangan berkecil hati, di Ketep Pass banyak menyediakan kuliner khas Ketep Pass yaitu jagung bakar yang lezat dan pedas.
         Fasilitas lain di Ketep Pass juga sudah baik. Urusan tempat parkir bisa dikatakan sangat layak, terdapat lahan parkir yang luas membentang sepanjang jalan Ketep Pass yang lebar dan parkir dalam untuk kendaraan roda dua dan mobil. Sarana ibadah juga disediakan di Ketep Pass yaitu mushola artistic lengkap dengan tempat wudhu yang layak. Pengunjung bisa ke Ketep Pass dengan berbagai rute jalan yang sudah mudah dilewati.
Ada 3 rute yang disarankan yaitu yang biasa disebut jalur SSB (Solo – Selo – Borobudur). Jika pengunjung berasal dari Yogyakarta bisa melewati Muntilan, Magelang. Sampai Gulon silahkan berbelok ke kanan – Ngadipuro – Senowo – Sawangan – Ketep, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 – 2 jam dengan jarak tempuh lebih dari 40 km. atau jalur yang lain dari Yogyakarta bisa menuju Mungkid belok kanan ke Pagersari – Gondowangi – Ketep sekitar 50 km ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam. Apabila dari arah kota Solo (Surakarta) seperti saya, hihiiii silahkan untuk menuju Kabupaten Boyolali. Dari Boyolali menuju Ketep Pass jaraknya 35 km bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Rute yang harus dilewati adalah Boyolali – Cepogo – Selo – Musuk - Ketep Pass. Jika pengunjung berasal dari Semarang silahkan menuju kota Salatiga, dari Salatiga ke Ketep Pass bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan kecepatan normalsekitar 50 km melewati Getasan melewati obyek wisata Kopeng – Gablak – Pakis - Ketep Pass. Jalur ini sangatlah ekstrim dan berkelok-kelok, tentunya harus hati-hati :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar