What do you want?

Rabu, 19 Maret 2014

Tugu Jogja



 
Malam itu, 4 Februari 2014, setelah saya dan sahabat saya Selo Ilmiawan puas menyusuri jalanan ramai Malioboro, kami mendatangi sebuah tugu yang paling ternama di kota Yogyakarta.  Namanya Tugu Jogja. Begitu identiknya Tugu Jogja dengan kota Yogyakarta, membuat banyak mahasiswa ataupun wisatawan untuk berfoto di tugu ini pada malam hari. Mungkin hal itu menjadi pertanda bahwa mereka mencintai Jogjadan telah menginjak kota Jogja.

Tugu Jogja atau sering disebut Tugu Pensil merupakan salah satu proses imajiner antara Laut Selatan, Kraton Jogja, dan Gunung Merapi. Jika ditarik garis lurus, kita akan menemukan beberaoa obyek wisata yang mengagumkan, antara lain: Gunung Merapi, Kaliurang, Monumen Yogya Kembali (Monjali), Stasiun Tugu, Malioboro, Pasar Bringharjo, Benteng Vredeburg, Alun-Alun Utara, Kraton Jogja, Alun-Alun Selatan, Panggung Krapyak/Kandang Menjangan, Desa Wisata Manding sampai dengan Pantai Selatan Parangtritis

 
Tugu Jogja merupakan landmark kota Jogja yang paling terkenal. Monument ini tepat berada di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Sudirman, Jalan A.M. Sangaji, dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar