What do you want?

Kamis, 23 Oktober 2014

Gini deh Rasanya Jadi Mahasiswa Level 7...


Salam puyeng dari mahasiswa level 7!


Aku kira jadi mahasiswa tingkat akhir itu menyenangkan!

Aku kira duduk di semester 7 bisa sambil nyante-nyante macarin skripsi!

Aku kira nggak ada lagi yang namanya praktikum!

Ternyata nggak ya…
Kuliah masih aja dari Senin sampe Sabtu full, malah seringnya masuk jam 7 pagi, terus… pulang sore.
Iya, praktikum emang nggak ada tapi sekarang namanya searching. Searching itu dilakuin di lab komputer, masih pake jas lab juga, dan masih ada pretest-nya juga. Ntar dikasih kasus penyakit gitu, dan kita mesti nyelesaiin kasus itu, mesti kasih rekomendasi obatnya, gimana ngasih konseling ke pasien, dan gimana monitoring untuk pasien tersebut. 
dikasih kasus ginian...
Terus bedanya searching sama praktikum?
Yap, searching itu lebih sulit daripada praktikum apalagi pretest-nya dan kasusnya juga lebih sulit, apalagi kalo kanker yang obatnya bejibun gitu plus ini nih ngeboringin banget. Kalo praktikum kan nguji-nguji, ngamatin, atau buat apa gitu, tapi kalo searching lebih puyenglah pokoknya!  Menurutku searching itu ujung-ujungnya nggak bisa nolak sama buku pedoman farmasi yaitu DIPIRO, terus nggak bisa lepas juga dari yang namanya jurnal berbahasa Inggris (kadang-kadang ada juga dosen aku yang nolak dan nggak suka sama jurnal berbahasa Indonesia :/) terus jurnalnya juga harus keluaran 5 tahun terakhir, nggak boleh jurnal yang udah sepuh atau tua atauuu renta haha pokoknya yang terbaru, jurnalnya buat apa? Buat ngasih rekomendasi obat yang benar, jadi kita merekomendasikan obat ke pasien itu udah ada dasar yang menguatkan kalo obat yang kita kasih itu tepat berdasarkan penelitian yang pernah dilakuin. Dan jurnal itu mesti dapet minimal 1, kalo bisa dapet jurnal yang kuat dan berkualitas kayak keluaran dari NEJM, Australian Journal of Medicine, Journal of Clinical Oncology, New England Journal of Medicine, Pubmed, bla…blaaa…blaaa…. Plis deh, semenjak ini aku jarang ngeliat sumber-sumber dari buku, lha wong rata-rata tiap dosen ngefans banget ama jurnal -_-
 
cemilan pokok tiap hari di setiap mata kuliah :/
Teruuus, bukan sampe situ aja, minggu ini searching, minggu depan diskusi. Diskusinya model presentasi gitu, mesti nyiapin PPT tentang kasus yang dibahas minggu lalu dilengkapi dengan keluhan pasien, riwayat penyakit pasien dahulu, riwayat keluarga, hasil cek fisik, hasil cek labor, dan seperangkatnya itu sampai berujung sama obat yang akan kita kasih, dosisnya, nama generiknya, indikasi, cara pemakaian, dan frekuensi pemberiannya. Huuaaah :/ dan itu menghabiskan waktu sampe 4 jam di ruang presentasi,  teruuus, bukan sampe situ aja, pas searching minggu depan kita juga mesti nyiapin hasil laporan resmi dari diskusi kita minggu lalu. Huh!


menjurnal-jurnal ria

ngerekomendasikan obat pun mesti ada dasarnya, nggak boleh asal-asalan :|

Belum lagi masalah kuliah teori. Semester 7 identik samaaaaaa
JURNAL BERBAHASA INGGRIS

KANKER! Iya, yang obatnya sederet barisan itu :/
Sama HEPATITIS! Yang obatnya belum ditemuin juga sampe sekarang dan nggak jelas obatnya hahaha.
Samaaa METODE PENELITIIIAN
Samaaa SALURAN CERNA
Sama SISTEM ENDOKRIN !

Belum lagi ditambah sama urusan skripsi. Dan di skripsi ini lagi dan lagi berhubungan ama jurnal, jurnal yang kuat dan berkualitas juga, translate jurnal lagi, diplototin, dipahami, dicantumin di skripsi.
Oya, jarang bisa titip absen juga sekaraaang hahaha. Dosennya kebanyakkan yang killer. Udah di TA-in terus seringnya mendadak dosen ngabsen dipanggil satu-persatu namanya, ehh udah ada tanda tangannya tapi nggak ada orangnya, berabe kan tuh? Dengan anacaman nggak boleh ikut UTS dan UAS haha. Belum lama ini ada kejadian kayak gitu, matakuliah yang berbobot 1 sks, haha.

Ya pokoknya gitulah sebagian kecil keluhan aku di level 7 ini. Bukannya semakin enteng kuliahnya kayak kata ORANG-ORANG. Tapi malah sebaliknya.
Menurut aku, semester 7 ini kebanyakkan grusah-grusuhnya, bener-bener dikejar deadline, kejar tayang hahaha. Belum lagi ntar kalo judul wes disetujuin biro skripsi, tambah deh beban pikiran sama proposal dan deg-deg’annya DESK EVALUATION, :O

Yaaa… harus dijalanin, nggak mau ikut desk evaluation? Ya kita sendiri yang rugi, penelitian skripsi nggak akan jalan sebelum lulus desk, dan tentu aja ujung-ujungnya lulusnya tambah ngulur waktu :O
Gue kiraaa, gue kiraaaa, semester 7 sksnya dikit dan lebih menitikberatkan ke skripsi, eh nyatanya…
Pokonya apa-apa jurnal, apa-apa jurnal, OMG

udah dulu ah... :p

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar