What do you want?

Gunung Api Purba

Pemandangan dari puncak Gunung Api Purba
Mei 2014
    Edisi jalan-jalan bareng anak-anak kelas farmasi nih. Kita berenam (saya, Cyci, Iphe, Putri, Yossi, dan Aul). Kita berniat hiking ringan di Gunung Api Purba. Berangkat dari kota Solo pukul 7 pagi, dan sekitar pukul 9 pagi kami sudah sampai TKP dan kami
tidak berniat untuk ngecamp di sini, naik langsung turun deh, tiktok istilahnya :p.

Di gerbangnya nih...

Gunung Api Purba memiliki ketinggian 200 sampai 700 mdpl yang terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Menurut informasi, Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Selain dapat menyaksikan sunset dan sunrise yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari, di puncak timur Nglanggeran juga terdapat misteri dusun dengan 7 kepala rumah tangga. Sekilas informasi yang kami dapat dari mbah Google sebelum kami mengunjungi tempat ini. Bisa bayangin indahnya ngeliat sunset dan sunrise di sana terus gemerlap kota Jogja di malam hari, namun sayangnya kami tidak ngecamp di tempat ini dan malah mengunjungi tempat ini di tengah siang bolong, hahaha….

daftar nama-nama tempat menarik di kawasan Api Purba

Suasana basecamp Gunung Api Purba ramai sekali saat itu, maklum sedang libur tanggal merah, dari anak kecil sama ibu-ibu dan bapak-bapak begitu antusias mengunjungi tempat ini, tidak ketinggalan pula anak-anak pecinta alam sampai anak-anak yang mendaki gunung amatiran seperti kami juga banyak sekali terlihat, whehe.

Setelah memarkir motor dan membayar tiket masuk sebesar 7.000 rupiah perorang, kami segera bersiap memasuki tempat ini. Banyak sekali spot yang indah untuk berfoto, dan karena inilah kami juga jadi lama sekali berjalan seperti keong hahaaa… jalan beberapa menit ada spot atau pemandangan bagus kami langsung berhenti untuk berfoto, mengobrol, dan makan makanan ringan sehingga waktu yang hanya memerlukan 1 sampai 1,5 jam untuk mendaki maka kami habiskan sekitar 2 sampai 2,5 jam baru sampai puncak. Begitu molornya kami :p di tengah perjalanan menuju puncak pun disediakan tali untuk membantu pengunjung agar gampang menaiki tempat-tempat terjal.
Nih, sebagian foto-foto dari kitaaaa :D