What do you want?

Selasa, 21 Oktober 2014

Skripsi, Alam, dan Rumah Sakit

Say hello mahasiswa level 7! Cie yang udah berhadapan langsung di pangkalnya skripsi…  iya, judul skripsinya baru diajuin sekarang, tapi plan judulnya tu udah dari bulan-bulan lalu aku siapin, sambil bilang “nih judul bakalaku ajuin di semester 7…” itu bilangnya pas semester 5 atau 6 kalo nggak salah. Niat aku dari awal, aku ngambil judul pake patokan hoby sama kesukaan karena di skripsi ini aku nggak mau tertekan, misal nggak suka penelitian di daerah mana gitu eh tapi tetep aja dilakonin, mirip-mirip kayak tertekan nya waktu pertama kali masuk farmasi, jiahahaa… aku mau bener-bener nikmatin setiap step perjalanan skripsi aku. Mulai dari nyari dosen pembimbing… hey kenalin dosen pembimbing aku Ibu ZAKKY CHOLISOH, M.Clin.Pharm., Apt., PhD. Ibu yang baik, cantik, tegas, modis, dan tentu aja pinter ‘banget’. Diterusin sama pengajuan judul, bikin ringkasan judul, ngajuin pake surat pengajuan dan syarat-syaratlainnya, terus di acc dosbing, lanjut diajuin ke biro skripsi, kalo disetujuin judulnya sama biro skripsi bisa lanjut ke proposal, terus desk evaluation, terus penelitian, terus disambil buat bab 1, 2, dan seterusnya, teruuus ssidaaaang…  :D amin. Itu kalo lancar dan nggak ada hambatan di lapangan selama penelitian. Hahaa.


Alam dan rumah sakit, 2 tempat yang bisa bikin aku lebih bersyukur dan merasakan syukur itu sendiri. Semenjak aku suka yang namanya trekking 1 tahun terakhir ini, pas semester 6 aku kepikiran gini,”gimana kalo skripsinya di bidang kosmetologi? Gimana kalo pake bunga edelweiss?” Yap, aku suka banget sama make-up, make-up termasuk kosmetikkan? Dan aku juga pernah browsing kalo khasiat bunga Edelweiss itu bisa mengencangkan kulit, mencegah keriput yang cepet, terus bisa menghaluskan kulit, dan pikiran itu berujung ke masker, gimana kalo bikin masker aja dari bunga Edelweiss? Bunganya kan bisa diambil di gunung sambil hiking, itung-itung sambil menyelam minum sirup dicampur potongan strawberry, melon, dan nanas :D. Terpikirlah bikin judul gini:

“FORMULASI SEDIAAN DAN UJI STABILITAS MASKER WAJAH DENGAN BAHAN DASAR EKSTRAK BUNGA EDELWEISS (Anaphalis javanica) DAN BERBAGAI KOMPONEN LAINNYA”


Seneng banget bisa kepikiran judul begituan. Tapi, setelah beberapa kali ikut kuliah metodologi penelitian jadi mikir ulang buat judul itu, kenapa? Karena bahan yang diujikan yaitu bunga Edelweiss merupakan bunga yang dilindungi, di gunung aja kalo ketauan ngambil bisa kena sanksi, kalo diem-diem dan nggak ketauan sih nggak masalah.  Tapi masak to selama penelitian bahan dasarnya hasil dari ‘maling’? hahaaaa mana nggak sedikit pula yang dipakai buat penelitian. :p



Terus, aku berpaling ke rumah sakit, berpaling pula dari skripsi yang rencananya mau dilakuin di laboratorium sekarang malah ke sosial yaitu rumah sakit *eeaaa* karena di rumah sakit aku juga bisa lebih bersyukur, merasa lebih beruntung kalo ke rumah sakit dalam keadaan sehat.  Tapi aku pengennya nggak penelitian di rumah sakit umum, melainkan di rumah sakit jiwa. Aku penasaran sama rumah sakit jiwa, kalo rumah sakit umum kan udah biasa penyakit-penyakit dan cara pengobatannya udah sering ditemuin dalam kuliah sehari-hari. Muncullah judul kayak gini:

“EVALUASI MEDICATION ERROR DI RUMAH SAKIT JIWA SURAKARTA PERIODE JANUARI-MARET 2015”


Langsung dah aku konsultasiin sama dosbing dan tanggapan dosbing kalo di rumah sakit jiwa itu malah nggak spesifik buat kesalahan medikasinya (medication errornya) dan lebih baik penelitian itu dilakukan di rumah sakit umum aja yang penyakit dan pengobatannya sudah jelas. Oke, puter otak dan keliling rumah sakit di Solo, nyari RSU yang pas buat penelitian, :/ tiap RSU negeri di Solo aku datengin dan langsung nemuin pegawaiinya di ruang diklit buat konsultasiin tentang penelitian aku. Untung bapak-bapak pegawainya ngasih respon yang enak.

Hanya dengan perubahan sedikit di beberapa kata-kata di judul sebelumnya:

“EVALUASI MEDICATION ERROR DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA OKTOBER-DESEMBER 2014”


Nyari jurnal-jurnal yang kuat biar para penilai di biro skripsi ntar yakin sama judul aku, bikin latar belakang, hasil penelitian sebelumnya tentang kesalahan medikasi, terus metode yang dipakai, tujuan, dan jadilah 2 lembar ringkasan ajuan judul skripsi dengan 2 kali revisi, lalu disahkan oleh Ibu Zakky yang cantik, haha. Surat pengajuan judul udah siap, lanjut dah diajuin itu judul ke biro skripsi beserta map dan seperangkat isinya, kirim email ke email resmi farmasi UMS. Yuk tinggal nunggu pengumumannya.

SEMOGA DITERIMA TANPA SYARAT :D AMIIIIIIINNNNN



 
sudah dapet acc dosbing :D tinggal diserahin sama biro skripsi, tunggu hasilnya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar